Sahabat guru merdeka, sebagai Sahabat Rumah Belajar (SRB) Kalimantan Selatan tahun 2022, Izinkan saya berbagi praktik baik yang sudah saya lakukan dalam pembelajaran kepada peserta didik saya di kelas, harapan saya dengan berbagi di blog ini saya dapat memberikan manfaat yang lebih luas kepada sahabat-sahabat guru dan mendapa umpan balik dari Bapak/Ibu guru hebat.

    Praktik baik ini saya lakukan kepada peserta didik di jenjang kelas 4 SD Islam Terpadu Ukhuwah 2. Dengan memanfaatkan fitur sumber belajar dalam Portal Rumah Belajar. Dalam Pembelajaran Seni Budaya dan Prakarya (SBdP) yaitu seni tari. SD Islam Terpadu Ukhuwah 2 merupakan salah satu sekolah penggerak di kota Banjarmasin, jadi sekolah saya sudah menggunakan kurikulum merdeka.


    Dalam pembelajaran seni tari ini menggunakan metode SAS (Struktur Analitis Sintesis). Metode SAS (Struktur, Analitis, dan Sintesis) adalah sebuah metode yang tergolong ke dalam suatu metode pembaharuan dalam mengajar seni tari. Sebuah metode yang lebih memperhatikan “inner working of dance” dimana cara penerapannya pertama-tama guru memberikan struktur tarian secara utuh dan murid menirukannya, kemudian diulang kembali lalu diberikan secara unsuriah (Abdurachman dan Iyus 1979:100).

    Dalam sumber belajar di portal rumah belajar pertama saya tayangkan video unsur-unsur seni tari (sruktur), kemudian siswa mengamati gerak di sekitarnya (Analistis), gerak hewan dan binatang. Kemudian siswa diskusi dari hasil pengamatannya untuk membuat desain gerak (Sintetis). Dengan menggunakan sumber belajar di rumah belajar dallam pemeblajaran seni tari bisa sebagai alternatif guru untuk memanfaatkannya, walaupun kontenya masih terbatas. Kita sebagai guru seni tari khususnya dapat mengisi menjadi kontributor di rumah belajar.

    Dengan metode SAS peserta didik lebih kreatif membuat disain gerak tari sendiri dibandingkan dengan metode konvensional yaitu metode imitatif (menirukan imam), contoh gerak dari guru. Peserta didik dapat berimajinasi dalam mendisain gerak tari sesuai kreatifitasnya.

    Sahabat guru bisa melihat tayangan video dokumentasi praktik baik saya berikut:



    Dalam pembelajaran seni tari ini perlu beberapa pertemuan pembelajaran sampai siswa menampilkan teari kreasinya. Sebagimana dalam video berikut:



    Dalam pembelajar ini didapatkan peserta didik dapat meninkatkan profil pelajar pancasila, bernalar kritis, gotong royong dalam bekerjasama membuat disain tari dan saat latihan bersama, bersikap mandiri dan kreatif dalam mencipta disain gerak tari serta mampu berinovasi dengan tarian hasil karyanya. Sahabat guru hebat, yuk manfaatkan portal rumah belajar dalam pembelajaran kita. Belajar dimna saja, kapan saja dan dengan siapa saja.